Makanan Penambah Darah


 Assalamualaikum wr,wb 
 Salam sejahterah,.

Kali ini saya akan membahas jenis makanan penambah darah,.Kalian sering pusing,sakit kepala,mudah gugup atau rambut mudah rontok,kalo iya itu salah satu tanda bahwa anda kekurangan darah (anemia).Untul mengatasi masalah anemia tentu saja doa dan pergi ke dokter,tapi bagi kalian yang blum terkena anemia "aamin" anda bisa mencegahnya melalui makanan penambah darah,makanan apa aja itu?yaudah langsung aja kita bahas.

 Makanan Penambah Darah

1.sayuran
Tapi tidak semua sayuran yang bisa mengatasi kekurangan darah (anemia) Sayuran penambah darah antara lain seperti : ubi, kacang polong hijau, kol, bayam, kacang merah, lobak, sawi, brokoli, serta kentang. Dari sayuran-sayuran tersebut, ubi merupakan sayuran terbaik untuk meningkatkan jumlah sel darah merah. Ubi memiliki kandungan zat besi yang bermanfaat untuk membantu mengaktifkan sel-sel darah merah dan menambah oksigen dalam darah.

2.Daging
Daging merupakan salah satu makanan penambah darah. Hal ini karena daging memiliki kandungan yang kaya akan protein serta mengandung 2,8 Mg zat besi, dalam 100 gr daging sapi. Oleh karena itu, jadikan daging sebagai menu wajib pada makanan, walau tidak mengkonsumsi setiap hari.

3.kacang almond
Beberapa jenis kacang yang mampu mengatasi kekurangan darah, terutama jenis kacang almond. Mengkonsumsi 1 ons kacang almond setiap hari dapat memberikan 6% zat besi dalam tubuh. Harga kacang almond juga relatif lebih murah dibandingkan kacang jenis lainnya.

4.Gandum
Roti yang terbuat dari gandum memiliki kandungan zat besi yang cukup besar. Selain itu, gandum juga memiliki fungsi yang dapat mencegah penyakit jantung serta kanker.

5.Kismis
Kismis memiliki kandungan zat besi sangat tinggi. Kismis juga merupakan salah satu makanan yang memiliki sifat basa dan dapat membantu mengatasi kondisi asam pada tubuh.

6.Beras merah
Beras merah dianggap sebagai makanan yang sangat baik untuk kesehatan. Beras merah menagandung serat alami yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan, dan membantu membersihkan tubuh dari racun. Kandungan zat besi yang tinggi dalam beras merah juga sangat efektif untuk menambah darah. 

7.Kerang
Kerang sangat tinggi akan kandungan zat besinya. Tiga ons kerang yang sudah dimasak, atau sekitar sembilan kerang kecil, mengandung sekitar 24 miligram zat besi. Hal tersebut lah yang membuat kerang sangat efektif dijadikan sebagai makanan penambah darah.  selian itu Kerang juga merupakan sumber yang baik dari fosfor, kalium, seng, tembaga, mangan dan selenium. 

8.ikan salmon
Salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk menambah darah adalah vitamin B12, Vitamin ini memiliki peran yang sangat penting di dalam tubuh kita. Vitamin B12 berfungsi untuk pembelahan sel, pembentukan sel darah, dan menjaga sistem saraf dan sel-sel sehat tubuh yang sehat. Vitamin B12 juga sangat diperlukan dalam proses pembentukan DNA.

9.Telur ikan
Walaupun telur ikan cukup sulit didapat dan harganya juga mahal untuk jenis telur ikan tertentu akan tetapi sangat sepadan dengan kandungan nutrisi yang dimilikinya. Dalam satu sendok makan telur ikan menyediakan sekitar  4 gram protein, dan 1 gram karbohidrat. Selain kedua nutiris tersbeut telur ikan  juga mengandung salah satu mineral yang berfungsi untuk menambah darah yaitu zat besi. Seseorang yang kurang mendapatkan asupan zat besi yang cukup akan beresiko menderita anemia dengan gejala seperti pusing dan cepat lelah. 

10.Kurma
Manfaat kurma juga dapat mengatasi gejala darah rendah. Kandungan vitamin B kompleks tinggi dapat meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh. Kurma juga dapat berperan memberi energi tambahan dan mengatasi rasa mudah lelah yang merupakan salah satu gejala anemia.

11.Jeruk
Rasa asam manis pada jeruk yang menandakan kandungan vitamin C di dalamnya sangat tinggi. Salah satu manfaat vitamin C adalah dapat membantu untuk melancarkan peredaran darah serta kandungan zat besi yang terkandung didalamnya dapat membantu pembentukan sel darah merah.

12.Alpukat
Buah alpukat mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh yang juga kaya akan kandungan zat besi. Alpukat juga cocok untuk dikonsumsi penderita darah rendah. Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh yang karena itu alpukat aman untuk tubuh.

13.Melon
Melon memiliki kandungan air mencapai 90% yang dapat memberi rasa segar dan menenangkan di perut saat mengkonsumsinya. Melon juga mengandung kadar vitamin A tinggi. Vitamin A dapat meningkatkan kinerja zat besi untuk meningkatkan hemoglobin. Selain buah melon, buah mangga juga kaya akan vitamin A.

14.jagung
Jagung juga memiliki kandungan yang kaya akan zat besi dan tembaga. Jagung menjadi sumber baik untuk vitamin A dan vitamin C.

15.Sereal
Mengkonsumsi 3/4 cangkir sereal memiliki kandungan 18 mg zat besi dan sedangkan 100 gr oatmeal instan memiliki kandungan 11 mg zat besi.

16.Daun singkong
Daun singkong merupakan salah satu tanaman yang mengandung gizi cukup lengkap. Oleh karena itu, banyak yang memanfaatkan daun singkong sebagai salah satu bahan dasar pembuatan aneka jenis makanan dan dalam penggunaannya dapat digunakan untuk menambah darah. Daun singkong memiliki kandungan antara lain : zat besi, protein, fosfor, vitamin C, vitamin B1, kalsium, lemak, dan karbohidrat.

17.Kuning telur
Salah satu makanan penambah darah adalah kungin telur. Pertama rebus 1 kuning telur ayam kampung berserta 60 gr daun bawang merah. Kemudian campurkan air secukupnya dan konsumsi secara teratur setidaknya 2 kali sehari.


Itulah tadi makanan yang bisa sebagai penambah darah,semoga bermanfaat 


SALAM KUPER....!!


































































































1 Response to "Makanan Penambah Darah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel