7 Tips Sukses Menabung




    Selamat pagi pembaca Chanel Remaja,kali ini gua akan membagikan tips sukses menabung yang baru saja gua dapet,yaudah langsung aja kita bahas.

  Menabung mempunyai beberapa manfaat bagi kondisi keuangan khususnya di masa yang akan datang. Menabung juga menjadi salah satu faktor kunci keberhasilan terhadap pengelolaan keuangan. Oleh karena itu, menabung sangat dianjurkan bagi setiap orang. Meski menabung memiliki manfaat bagi kondisi keuangan, namun sebagian orang belum sadar atau merasa malas untuk menyimpan sebagian uangnya.
Tidak sedikit dari orang orang yang mendapatkan penghasilan cukup tinggi namun merasa kesulitan untuk menabung. Hal ini merupakan tanda bahwa kita tidak bisa mengelola keuangan dengan baik. Bagi mereka yang merasa kesulitan, berikut beberapa tips sukses yang bisa dilakukan agar menabung menjadi lebih mudah dan konsisten.
1. Membuat Rencana Keuangan Jangka Panjang
Membuat rencana keuangan dalam jangka panjang akan memberikan motivasi atau sebagai tujuan dari menabung yang kita lakukan. Misalnya saja anggaran untuk membeli rumah, membeli kendaraan, biaya masuk sekolah, dll. Semua hal itu merupakan anggaran yang cukup besar. Menabung merupakan salah satu cara agar semua kebutuhan tersebut terpenuhi sehingga menabung menjadi hal yang wajib kita lakukan.
2. Membuat Pembukuan
Kita bisa membuat pembukuan sederhana dengan menyesuaikan pendapatan dan pengeluaran kita. Dengan begitu hal ini akan membantu kita dalam mengelola keuangan kita secara bijaksana. Dengan membuat pembukuan kita akan mengetahui setiap kebutuhan yang harus dipenuhi, dan menghindari agar tidak membelanjakan uang untuk hal-hal yang kurang penting. Sehingga lebih baik dianggarkan untuk menabung.
3. Menabung Saat Ini Juga
Setelah membuat rencana anggaran keuangan, berusahalah untuk menabung saat ini juga. Tidak perlu menunggu apabila terdapat uang yang lebih atau penghasilan yang tinggi. Dengan menabung justru akan memberikan dampak positif bagi kondisi keuangan kita di masa yang akan datang. Mulailah menabung setidaknya 10% dari jumlah penghasilan atau sesuai dengan rencana anggaran yang disesuaikan dengan kebutuhan.
4. Menabung Secara Disiplin
Salah satu cara sukses menabung adalah dengan konsisten atau disiplin. Tidak perlu uang yang banyak untuk ditabung namun jarang sekali untuk menabungnya lagi. Berusahalah untuk menabung secara disiplin walaupun dengan jumlah yang tidak terlalu banyak. Selain itu, usahakan untuk tidak mengambil tabungan tersebut kecuali untuk keperluan sangat penting dan mendesak. Dengan menabung secara disiplin maka kita sudah bisa mengelola keuangan dengan cukup baik.
5. Berhemat
Ketika kita telah disiplin untuk menabung maka setidaknya kita telah melakukan hal yang baik. Oleh karena itu imbangi pula dengan gaya hidup yang hemat. Sesuaikan setiap pengeluaran dengan pendapatan kita agar semuanya tercukupi. Dengan berhemat maka kita telah bijak dalam membelanjakan uang kita, terutama jika kita disiplin dalam menabung. Dengan demikian hal ini akan membuat keuangan kita dalam kondisi baik dan stabil.
6. Memisahkan Rekening Tabungan dan Rekening Gaji
Saat rekening gaji bersama sebagai rekening tabungan, maka hal ini akan menyulitkan kita untuk melihat perkembangan tabungan kita. Karena setiap bulannya akan tercampur dengan jumlah gaji yang kita terima. Maka ada baiknya untuk memisahkan rekening tabungan tersebut dari rekening gaji. Dengan begitu kita akan bisa melihat perkembangan tabungan tanpa takut akan tercampur dengan anggaran lainnya. Selain itu, hal ini juga akan menghindari kita agar tidak menggunakan uang tersebut untuk hal hal yang kurang penting.
7. Membuat Strategi
Dalam menabung setiap orang memiliki strateginya masing masing demi kesuksesannya dalam menabung. Kita bisa menciptakan strategi menabung sendiri. Contohnya saja dengan memanfaatkan setiap uang yang lebih dari kelebihan uang bensin yang sebelumnya telah dianggarkan atau menggunakan uang bonus dan insentif untuk menabung. Semua orang bisa menciptakan strategi sendiri sesuai dengan keuangan mereka masing masing.
Mulailah Menabung dari Sekarang
Karena menabung memiliki dampak posit


Nah itulah tadi 7 tips menabung semoga bisa bermanfaat bagi sahabat CR(chanel remaja).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel